Hover

TRUE

Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya Sebagai Herbal Bagus

Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya sudah tidak asing lagi kebanyakan orang, karena siapa yang tidak mengenal daun kelor? Benar, tan...

Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya sudah tidak asing lagi kebanyakan orang, karena siapa yang tidak mengenal daun kelor? Benar, tanaman Pohon kelor tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. Menariknya, National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008, seperti yang dikutip dari Wikipedia, disebutkan bahwa pohon kelor “telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit”. Salah satunya adalah tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun kelor.

Sebelum mengenal lebih jauh manfaat dari daun kelor, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu komposisi yang terdapat didalam daun kelor, yakni di dalam sekitar 2 gram daun kelor, terkandung 14 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

KANDUNGAN NUTRISI DAUN KELOR :
1. Protein, 2 gram.
2. Karbohidrat, 1,8 - 2 gram.
3. Zat besi, 0,8 miligram.
4. Magnesium, 8,8 miligram.
5. Kalium, 70 miligram.
6. Kalsium, 38 - 40 miligram.
7. Vitamin C, 11 miligram.
8. Vitamin A, 600IU.
9. Folat, 8,5 mikogram.
Sumber : alodokter.com

MANFAAT DAUN KELOR

Ada 6 manfaat dari daun kelor yang perlu diketahui, diantaranya :

1. MENGATASI PERADANGAN

image credit : doktersehat.com

Peradangan merupakan reaksi alamiah tubuh terhadap bengkak atau cedera. Solusinya, Anda bisa melahap daun kelor yang mampu meredakan pembengkakan yang dialami. Ekstrak tumbuhan kelor dipercaya berisi zat yang mampu mengurangi peradangan.
READ MORE {button_primary}

2. MENURUNKAN KADAR GULA DARAH

Image Credit : shopify.com

Salah satu riset mencantumkan bahwa daun kelor diberitahukan dapat mengurangi kandungan gula darah dan menaikkan daya guna kemampuan hormon insulin. Faedah ini baik untuk menghambat diabetes beserta timbulnya resistensi insulin.
READ MORE {button_primary}

3. MENGONTROL TEKANAN DARAH

Image credit : honestdocs.id

Lalapan daun kelor banyak mengandung kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui berguna untuk mengurangi tekanan darah dengan menjaganya tetap konsisten sehingga dapat menghambat terjadinya hipertensi.
READ MORE {button_primary}

4. MENGHAMBAT PERTUMBUHAN SEL KANKER

Image credit : medicaldialogues.in

Konsentrat daun dan kulit batang pohon kelor (merunggai) terbukti efektif mengalangi pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Fungsi daun kelor tersebut diduga karena adanya kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
READ MORE {button_primary}

5. MEMELIHARA KESEHATAN DAN FUNGSI OTAK

Image credit : theconversation.com

Kadar antioksidan di dalam daun kelor juga berfaedah untuk menjaga kebugaran dan kerja otak. Beberapa penelitian menghasilkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
Selain itu, Daun merunggai (kelor) juga dipercaya baik untuk mendukung kemampuan otak dan memperkuatkan memori.
READ MORE {button_primary}

6. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Image credit : honestdocs.id

Berlandaskan eksperimen di laboratorium, ekstrak daun kelor ternyata dapat menjaga tubuh dari beragam jenis kuman, seperti Salmonella typhi yang menyebabkan tifus, Escherichia coli yang mengakibatkan diare, serta Staphylococcus aureus pemicu infeksi kulit.
Sayur daun kelor juga diketahui bisa melawan virus, seperti jenis virus herpes simplex (HSV).
READ MORE {button_primary}

CARA MENGOLAH DAUN KELOR

Salah satu cara mengolah daun kelor yang paling populer adalah menyeduhnya seperti teh. Agar bisa mendapatkan teh daun kelor, bisa menggunakan bubuk daun kelor atau daun kelor yang sudah dikeringkan.

Berikut ini kami tampilkan cara mengolah daun kelor menjadi minuman teh yang menyenangkan disore hari

  1. Petik daun kelor yang masih segar dan muda, yang berwarna hijau muda.
  2. Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.
  3. Setelah dicuci bersih, keringkan daun kelor. Letakkan di nampan, kemudian letakkan di udara terbuka. Sebisa mungkin jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung bisa membuat kandungan gizinya berkurang.
  4. Setelah daun kelor kering sempurna, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus.
  5. Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus dan letakkan di tempat yang sejuk. Tujuan penyimpanan seperti ini adalah menghilankan enzim oksidatif yang membuat daun kelor bubuk tak bisa disimpan lama.
  6. Jika ingin membuat teh, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk. Setelah itu seduh dengan air panas. Tambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh segera setelah diseduh.

Demikian cara mengolah daun kelor menjadi teh yang nikmat.

Referensi :
  1. alodokter.com : 6 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
  2. Merdeka.com : Cara Mengolah Daun Kelor untuk Konsumsi Sehari-Hari dan Pengobatan

Tidak ada komentar