Hover

TRUE

Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Penyebab Radang Sendi Pada Usia Muda Yang Perlu Diketahui

Penyebab radang sendi pada usia muda sangatlah beragam, diantaranya yang umum terjadi karena obesitas. Jadi Penyakit radang sendi tidak ha...

Penyebab radang sendi pada usia muda sangatlah beragam, diantaranya yang umum terjadi karena obesitas. Jadi Penyakit radang sendi tidak hanya terjadi dan dialami oleh lansia atau orang tua saja, melainkan juga orang yang lebih muda seperti anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

    Beberapa penyebab radang sendi pada usia muda, selain obesitas, dapat terjadi karena kelainan, cidera, keturunan hingga pola makan yang tidak sehat.

    5 PENYEBAB RADANG SENDI PADA USIA MUDA

    Walaupun sangat jarang terjadinya kasus radang sendi pada usia muda, dan tidak sebanyak terjadi pada lansia atau orang tua, tetaplah waspada terhadap penyakit ini, khususnya mereka yang memiliki resiko tinggi. Berikut beberapa penyebab terjadinya radang sendi di usia muda yang perlu diketahui :

    OBESITAS


    Image credit : cloudfront.net

    Siapapun bisa mengalami Kelebihan berat badan, yang dapat menimbulkan hingga meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit seperti gangguan hingga serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Obesitas umumnya terjadi ketika kadar kalori masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh, sehigga kerap menjadi penyebab utama dari penyakit radang sendi. Hindarilah obesitas khususnya pada anak-anak, karena sendi dan tulang yang masih dalam proses pembentukan dapat tertekan hingga terkikis karena menanggung beban yang berat.
    READ MORE {button_primary}

    KELELAHAN


    Image credit : shutterstock.com

    Kelelahan yang kronis akibat Banyaknya aktivitas fisik, selain berisiko menyebabkan cidera, kelelahan bisa juga menjadi pemicu terjadinya radang sendi. Selain sebagai sumber pemicu, kelelahan juga dapat menjadi indikasi dari gejala penyakit radang sendi di usia muda. Apabila terjadinya kelelahan kerap dibarengi dengan demam atau sakit pada bagian sendi, segera konsultasikan ke dokter.
    READ MORE {button_primary}

    CEDERA


    Image credit : cloudinary.com

    Cedera sendi yang terjadi pada lutut, bisa saja terjadi kapan saja dan di mana saja, apakah itu yang diakibatkan oleh terjatuh atau kondisi medis tertentu. Kondisi ini bisa membuat penderitanya sulit berjalan, sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penanganan yang cepat dan tepat perlu dilakukan.
    READ MORE {button_primary}

    KETURUNAN


    Image credit : cloudfront.net

    Waspadalah apabila salah satu anggota keluarga, seperti ayah, ibu ataupun saudara kandung yang pernah menderita penyakit radang sendi, asam urat ataupun rematik. Hal ini menurut dr Pradeep Monoot yang dilansir dari TheHealthsite mengatakan bahwa “Riwayat keluarga arthritis dapat meningkatkan risiko pada orang yang lebih muda untuk mengalami kejadian yang sama, yaitu randang sendi."
    READ MORE {button_primary}

    POLA MAKAN


    Image credit : slashgear.com

    Pola makan tidak sehat khususnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin seperti daging merah, daging unggas seperti bebek atau angsa, jeroan, seafood khususnya kepting atau lobster dan minuman beralkohol dapat menyebabkan radang sendi.

    Selain makanan penyebab nyeri sendi di atas, mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti mengandung banyak lemak, gula dan minyak dapat menyebabkan obesitas yang menjadi salah satu faktor risiko dari radang sendi pada usia muda.
    READ MORE {button_primary}

    CARA MENCEGAH RADANG SENDI PADA USIA MUDA

    Utamakan untuk melakukan konsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui cara pencegahan radang sendi yang tepat sesuai dengan penyebab terjadinya radang. Secara umum, nyeri sendi dapat dicegah dengan melakukan tiga hal berikut ini:

    KONSUMSI MAKANAN SEHAT


    Image credit : honestdocs.id

    Sering kali, bila mendengar makanan sehat, yang terbayang adalah makanan yang hambar serta warna yang pucat. Namun sebenarnya makanan yang sehat itu pastilah makanan yang menarik pula, hanya harus disesuaikan dengan keluhan yang ada. Khusus penderita radang sendi wajib memperhatikan jenis-jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, seperti makanan mengandung zat purin, alkohol, minyak dan lemak.

    Penting untuk menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna khususnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk radang sendi seperti buah, sayur, ikan, telur, kacang-kacangan atau makanan kaya akan asam lemak omega-3 lainnya.
    Selain mencegah radang sendi kambuh, mengkonsumsi makanan sehat juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

    OLAH RAGA RINGAN


    Image credit : minews.id

    Lakukan olahraga ringan secara rutin untuk memperkuat sendi, otot dan tulang. Melakukan olahraga secara rutin juga akan mencegah terjadinya obesitas, sehingga mampu mengurangi salah satu faktor penyebab terjadinya radang sendi di usia muda.

    PERINGATAN! Bagi penderita radang sendi yang diakibatkan karena terjadinya cedera, sebaiknya menghindari olahraga yang banyak melibatkan bagian tubuh yang bermasalah. Penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, sebelum melakukan olahraga dan gunakan sepatu khusus olahraga.

    Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh penderita radang sendi adalah jalan sehat, berenang atau bersepeda. Selain itu, lakukan olahraga ringan secara bertahap, untuk menghindari terjadinya cedera sendi yang lebih parah.

    SUPLEMEN PEREDA NYERI SENDI PADA USIA MUDA

    Ada beberapa suplemen yang mampu meredakan adanya nyeri sendi,tentunya harus disesuaikan dengan kesehatan Anda pada saat ini.

    OMEGA-3

    Omega-3 juga disarankan oleh dr. Devia Irine sebagai salah satu senyawa untuk meredakan nyeri sendi. Anda bisa mendapatkannya di dalam suplemen yang banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, kalau Anda mau yang lebih alami, cobalah ikan tuna atau salmon.
    Omega-3 memiliki kandungan docosahexaenoic acid dan eicosapentaenoic acid, yang memiliki efek anti-inflamasi.

    K-OMEGASQUA PLUS

    K-Omegasqua Plus adalah suplemen makanan minyak ikan yang banyak mengandung omega 3, squalene, lecithin dan vitamin E sebagai zat aktifnya.
    READ MORE {button_primary} BELI SEKARANG {button_success}

    Referensi :

    1. mhomecare.co.id : Penyebab Radang Sendi Pada Usia Muda.

    Tidak ada komentar